Minggu, 30 Januari 2011

Ceramah Bertema Generasi Radiyah di RRI Denpasar

Sebagai upaya melaksanakan tugas membimbing masyarakat khsusunya dalam bidang agama, maka Bidang Bimbingan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali melalui Kepala Seksi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Drs. H. Salim Syamlan, M.PdI melaksanakan suatu kegiatan pengisian ceramah di RRI Denpasar pada hari Jum’at tanggal 28 Januari 2011 pada pukul 05.00 Wita atau ba’da subuh.
Pada kesempatan ini, Bapak Salim Syamlan menyampaikan suatu tema yaitu Generasi Radiyah. Bagaimana ciri-ciri dari Generasi Radiyah yang diharapkan dimiliki oleh generasi muslim masa kini ini dipaparkan oleh beliau.
Adapaun ciri-ciri Generasi Radiyah yaitu pertama Yahya yaitu bahwa kita dalam hidup haruslah memiliki daya kreatifitas, memiliki wawasan, inovasi dan pandai bergaul. Sehingga kita mampu dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kehidupan sosialitas kita.
Kedua Kitab yang dimaksud dengan Kitab yaitu memiliki pegangan hidup berupa Al kitab dimana pada umat muslim yaitu Al Qur’an sehingga kita dapat istiqomah dalam hidup karena selalu dapat membentengi diri dengan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al Qur’an dalam menjalankan kehidupan.
Ketiga Al Hukmu adalah seorang generasi harus menguasai hukum baik hukum pidana, perdata maupun hokum positif. Sehingga mampu kita bertindak sesuai dengan aturan yang ada. Tidak bertindak semau kita sendiri.
Keempat Hananan yaitu generasi harus memiliki jiwa kasih sayang dan tolong menolong. Sehingga sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dapat terwujud yang mampu menimbulkan kerukunan.
Kelima Zakatan adalah generasi harus bersih aqidah dan imannya, dari hal-hal yang syirik. Dimaksdukan bahwa dengan bersih aqidah dan imannya agar generasi muslim kita tidak menyekutukan tuhan selain Allah SWT.
Keenam Taqiyan yaitu kita generasi penerus haruslah mampu untuk taqwa dan taat kepada Allah SWT dan berupaya untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.
Ketujuh Barron yaitu generasi penerus harus berbuat baik kepada orang tua.
Ketujuh ciri inilah yang diharapkan mampu dimiliki oleh setiap generasi muslim masa kini sehingga mampu menciptakan generasi muslim yang soleh dan solehah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar