Rabu, 12 Januari 2011

DESA BINAAN BIMAS ISLAM

Denpasar, 6/1 (BIPH) Pada tahun 2010 kemarin Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam meluncurkan program Desa Binaan yang bertujuan sebagai sentra pembinaan umat dan juga untuk meningkatkan taraf kehidupan perekonomian di daerah pedesaan. Program ini adalah langkah awal yang dilakukan oleh Kementerian Agama yang dilaksanakan di 8 Provinsi.
Provinsi Bali merupakan salah satu Provinsi yang dipilih oleh Dirjen Bimas Islam yang digunakan sebagai salah satu pilot project pelaksanaan kegiatan dimaksud. Dimana diharapkan apabila program ini berhasil kedepannya program desa binaan ini dapat di laksanakan di seluruh Indonesia.
Bantuan Desa Binaan Bimbingan Masyarakat Islam terdiri dari 16 program yaitu:
  1. Bantuan Modal Usaha Kelompok Pra Sakinah
  2. Bantuan Penyelenggaraan Kegiatan HBI pada Masyarakat
  3. Bantuan Pembangunan/Rehab Masjid
  4. Bantuan Pembangunan/Rehab Musholla
  5. Bantuan Pembinaan Majelis Ta’lin
  6. Bantuan Guru Ngaji Tradisional
  7. Bantuan Modal Usaha Fakir Miskin untuk Daerah Terpencil
  8. Bantuan Biaya Kursus Keterampilan Fakir Miskin
  9. Bantuan Pengadaan Alat Sholat
  10. Bantuan Operasional Lembaga Pengelolaan Anak Yatim Piatu
  11. Bantuan Modal Usaha dan Pengembangan Potens Diri bagi Korban Bencana Alam
  12. Bantuan Modal Usaha Wirausaha Fakir Miskin
  13. Bantuan Sertifikasi Halal Bagi Pengusaha Kecil
  14. Bantuan LP2A Percontohan
  15. Bantuan Pemanfaatan Tanah Wakaf
  16. Bantuan Sertifikasi Tanah Wakaf
Desa Tegallinggah Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng merupakan desa binaan yang ditunjuk dengan surat Keputusan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali Nomor 200 Tahun 2010 tanggal 29 Maret 2010. dan pada tanggal 28 – 29 September 2010 telah dilakukan survey oleh Tim Dirjen Bimas Islam yang bertujuan untuk mengecek lokasi desa binaan dan survey kebenaran kelompok yang dituju.
Pembukaan dan Penandatanganan Prasasti Desa Binaan oleh Bapak Rohadi Abdul Fatah selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah telah dilakukan pada tanggal 30 Nopember 2010 bertempat di Hotel Singaraja Indah. Ini merupakan langkah pembuka dimulainya proyek bantuan desa binaan di Provinsi Bali yang dilanjutkan dengan Pembukaan secara Nasional Bantuan desa Binaan Bimas Islam di Yogya pada tanggal 14 Desember 2010.
Bantuan desa binaan keluarga sakinah ini sudah diterima kelompok masyarakat dan atau perorangan desa Tegal Linggah rata-rata pada bulan Desember 2010. dan untuk mengetahui perkembangan bantuan yang telah diberikan maka dilakukan evaluasi setiap 6 bulan sekali oleh Dirjen Bimas Islam melalui Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar