Kamis, 10 Februari 2011

Pembinaan Kerukunan Intern dan Antar Umat Buddha Klungkung


Pada hari kamis tanggal 10 Februari 2011 bertempat diaula kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung diadakan acara Pembinaan Kerukunan Intren dan Antar Umat Beragama Buddha Kabupaten Klungkung, Sebagai narasumber pada acara tersebut: Dra. Ni Nengah Rustini, M.Ag (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung), Romo Wilmana, dan Romo Candra.
Dihadapan Tokoh Umat Buddha Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Kerukunan Interen Umat Beragama yaitu melaksanakan koordinasi dengan seluruh elemen umat Buddha. Waspada dengan gejolak sosial yang terjadi di masyarakat sehingga umat Buddha tidak mudah terpropokasi. Tokoh-tokoh umat Buddha diharapkan mampu memberikan contoh kepada seluruh umat dan mampu memfasilitasi dalam menyelesaikan masalah di Interen umat dengan azas musyawarah mufakat, kekeluargaan dan persaudaraan. Diharapkan pula agar kerukunan yang telah terbina selama ini dikabupaten Klungkung tetap dipertahankan. Serta selalu mejalin kerukunan, saling menghormati dan saling menghargai antar sesama umat maupun antar umat beragama.
Kerukunan dan persaudaraan merupakan modal utama dalam melaksanakan dan mengamalkan ajaran agama, karna hanya dengan keadaan yang rukun dan saling menghormati kita mampu mewujudkan kedamaian antar umat beragama hal tersebut disampaikan oleh Romo Candra dari Vihara Dharma Ratna.
Tri Kerukunan yang mendasari kerukunan yaitu Rukun Antar Sesama Umat, Rukun Antar Umat Beragama dan Rukun Antar Umat Beragama dan Pemerintah dengan Terjalinnya Tri Kerukunan tersebut diharapakan dapat mewujudkan keharmonisan antar umat beragama dan kedamaian semua umat dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar